Kamis, 18 Desember 2014

PR


“BAB 3 BUILD YOUR TEAM”
A TEAM – SEBUAH SYNERGY
“Individually, we are one drop Together, we are oneocean” Ryunosuke satoro
     Sebagai seorang pemimpin dalam tim PR, Anda harus mampu melihat jauh visi dan misi perusahaan anda. Sekaligus memaksimalkan tim anda untuk mendapatkan objective dan tujuan akhir yang sejelas-jelasnya.
Semua anggota tim harus menyatu dalam menetapkan tujuan serta hasil pencapaian yang jelas. Disinilah pentingnya komunikasi dari sebuah tim, kolaborasi , sekaligus mengekspresikan berbagai solusi alternatif bagi perusahaan . jangan sampai terjadi hal hal yang menjadi pemisah antara masing-masing divisi. Akibatnya , fatal bagi outcome divisi anda . Tim PR harus bisa menjadi convergence dalam Intergrated PR bagi performa serta rancangan program dan perusahaan anda.
Hal ini tidak didapat dalam waktu singkat , anda perlu mengasah tim agar bisa menyatu, Ibarat perlombaan lari , engagement sebuah tim bukan seperti lomba lari sprint yang hasilnya bisa langsung dilihat seketika . sinergi tim ibarat lomba lari marathon yang membutuhkan stamina , daya tahan dan semangat pantang menyerah.
FROM ME TO “WE”
“People First , strategy second” Jack Welch
Anda tentu tahu hotel J.W.Marriot , hotel J.W.Marriot selalu berada dikota yang lokasinya sangatt strategis, seperti jakarta , singapura, hongkong , hingga amerika serikat . Dengan lebih dari 225.000 karyawan-karyawati di seluruh dunia . Grup J.W.Marriot melayani jutaan beakfast (sarapan pagi) , Lunch (makan siang) , dan dinner (makan malam) setiap harinya. Marriot adalah hotel management terbesar dunia saat ini.
J.W.Marriot , sang pendiri sekaligus CEO dari brand marriot’s Way, menuliskan kata-kata cukup sederhana , “success is a team sport”. Dalam setiap bisnis pasti memerlukan banyak orang baik internal maupun eksternal untuk menjadikannya sebagai perusahaan terkemuka baik dari segi profit maupun ruang lingkup kerja. Menyusun dan menciptakan tim yang tangguh adalah elemen penentu kesuksesan setiap perusahaan , termasuk dalam hal ini departemen internal PR sendiri . mendapatkan tim yang andal kreatif , fokus serta terspesialisasi dengan lingkup pekerjaan yang benar merupakan sebuah tantangan tersendiri . Bahkan mungkin lebih sulit menyiapkan suatu strategi itu sendiri . Jack Welch sendiri membenarkan pernyataan tersebut , “people first, strategy second”
Konglomerasi IBM adalah sebuah supermasi dalam bidang bisnis komputer di dunia . Louis V.Gerstner , Jr, mantan CEO IBM, perusahaan komputer raksasa dunia, menuliskan dalam buku best seller-nya , who says elephant can’t dance?tentang transformasi IBM . Sejarah mencatat, kesuksesan IBM dimulai dari sebuah Transformasi dari dalam internal tim serta manajemen (inside out) IBM sendiri.
IBM adalah perusahaan yang solid , namun hampir jatuhg sehubungan dengan persaingan yang semakin ketat dari dell , Apple , dan pemain-pemain lainnya. Louis Gerstner mempunyai “magic touch” . ia tahu prioritas utama dalam bisnis komputer ini . Ada satu bagian yang bagus dalam buku tersebut dan bisa menjadi inspirasi kita bersama. Louis menuliskan , kunci sukses adalah sengan strategi menjadikan employee communication sebagai sebuah key auccess element’
Jack welch dan louis Grestner menunjukan arti kesuksesan dan kunci utamanya dari semua itu adalah manusia , lebih spesifik lagi . karyawan
STRUKTUR TIM : FUNGSI DAN TUGAS
“communication is everybody responsibility” Unkwnon
Secara sederhana , tim internal PR mungkin bisa lebih kompleks karena saling berhubungan interdepartement di dalam organisasi. Secara ringkas , berikut organization chart serta tipikal tugas dari tim PR yang strategis dalam bentuk tim yang dinamis . Departemen PR sudah tentu merupakan cerminan diri anda sendiri. Dengan kata lain departemen anda adalah cerminan diri anda dimata publik anda . Baik internal (manajemen dan staf) maupun exsternal stakeholder anda. Sangatlah penting untuk membentuk tim internal PR yang strategis dan dinamis .
Secara garis besar , Internal PR akan bertanggung jawab langsung ke PR Director dalam bisnis anda (tentu disesuaikan dengan struktur perusahaan anda sendiri). Fungsi dan tugas dari seorang internal PR adalah bertanggung jawab atas dividi komunikasi internal serta mendukung saluran komunikasi (channels) dalam organisasi PR sekaligus membuat program strategi dengan persetujuan PR Director . selain itu juga mendukung program grup serta bisnis internal maupun stakeholders lain.
CARI “BEYOND COMPETENCIES”
Secara garis besar , empat kualifikasi utama yang diperlukan tim PR adalah kemampuan menulis (writting skill) , riset (research), merencanakan (planning) dan mengorganisasikan (organizing) serta kemampuan menganalisis dan memecahkan persoalan secara kreatif (creative problem solving). Keempat kemampuan ini sangatlah esensial untuk membangun tim PR yang kuat (solid) dalam organisasi anda.
Selain itu diperlukan beberapa karakter serta kualifikasi tambahan seperti :
  1. Kemapuan komunikasi interpersonal
  2. Pemikiran kreatif serta lateral thinking
  3. Kemampuan melihat tren , sosiopolitik , pasar , dan juga global
  4. Mengetahui dampak berbagai isu internal dan eksternal bagi organisai
  5. Mengerti angka serta berorientasi kepada hasil yang bisa diukur
  6. Fleksibel dalam berinteraksi dikalangan internal
  7. Kemampuan dalam hal trainning maupun teknologi informasi
  8. Kemampuan dalam melakukan presentasi juga mutlak perlu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar