Kamis, 13 November 2014

PENGERTIAN SEKRETARIS

Profesi sekretaris kini menjadi semakin penting dalam dunia bisnis. Profesi ini menjadi semakin bergengsi, bergaji besar, dan ikut menentukan keberhasilan operasi bisnis.

Selain memiliki keterampilan dasar yang sempurna (skill), para eksekutif pun menginginkan para sekretarisnya membawa sikap-sikap khusus (attitude), memiliki pengetahuan yang luas (knowledge), serta memiliki pemahaman yang tepat akan pekerjaannya dan memandang dengan benar betapa luasnya aspek pekerjaannya dan memandang dengan benar betapa luasnya aspek pekerjaan sekretaris (understanding).

Berikut adalah definisinya :
1. Dari Asal Katanya

Sekretaris berasal dari bahasa Latin dan Inggris. Bahasa Latin: Secretum yang artinya rahasia. Bahasa Inggris: Secret yang artinya rahasia. Berarti Sekretaris adalah orang yang diberi kepercayaan untuk menyimpan rahasia dalam melaksanakan pekerjaannya.

2. Asisten Pemimpin

Beberapa definisi lain mengenai sekretaris yaitu seorang sekretaris adalah asisten pemimpin yang memiliki keahlian mengurus kantor.

3. Seseorang yang Membantu Seorang Pemimpin

Sekretaris adalah seseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan atau perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan.

4. Orang yang Paling Dekat dengan Bos

Sekretaris adalah orang yang paling dekat dengan bosnya baik secara fisik maupun hubungannya. Kesimpulannya, sekretaris adalah seseorang yang paling dekat dengan pimpinan yang dipercayai untuk mengerjakan segala kegiatan administrasi kantor untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

5. Seorang Profesional dengan Aneka Tanggung Jawab

Seorang sekretaris adalah seorang profesional yang menampilkan aneka macam tanggung jawab tugas kesekretarisan dengan penuh kompetensi, dapat dipercaya, dan berkepribadian.

6. Menurut M. Braum dan Ramon

Sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa atau mengingatkan pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya, dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari pimpinannya.

7. Menurut Drs. The Liang Gie

Sekretaris adalah seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat termasuk menyiapkan bagi seorang pejabat penting atau organisasi.

8. Menurut Drs. Ig. Wursanto

Mengatakan bahwa sekretaris adalah seorang pegawai yang bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pimpinannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar